my daily life

my daily life
selaraskan karir dan keluarga

Rabu, 29 Februari 2012

PIJAT SI DEDEK YUUUK...

HAI HAI BUNDA…
Pernahkan bunda bunda sekalian dipijat ? pasti lebih rileks kan? Yup.. begitu juga si adek bayi. Banyak sekali artikel artikel yang membahas tentang manfaat pijat bayi baik bagi bayi maupun bagi si orang tua.

Buat si bayi/anak :
·        Tidur lebih teratur
·        sistem Pencernaan lebih baik
·        Berat Badan naik
·        Anak lebih tenang dan merasa aman
·        Sistem kekebalan meningkat
·        Proses bonding lancar
·        Proses pengalaman dari hari ke hari optimal
Buat orang tua/si pemijat :
·        Percaya diri dan self esteem meningkat
·        Kejadian depresi post partum menurun
·        Peningkatan produksi ASI (bunda)
·        Proses bonding lancer
·        Memperbaiki ‘sense’ – lebih mengerti apa yang dimau si bayi atau anak
Lalu bagaimana ayah bunda sekalian memijat putra putri anda? Tanpa menggunakan minyak, atau pakai bedak, lotion, minyak telon, minyak goreng, atau minyak tanah…hohoho *sadis* ???
Ada penelitian di school of Medicine di Miami yang meneliti tentang kegunaan pijat bayi menggunakan minyak akan menurunkan perilaku stress, lebih rileks, dan menunjukkan penurunan secara signifikan kadar hormon kortisol-hormon stress dan meningkatkan aktivitas vagal  DIBANDING bayi yang dipijat tanpa menggunakan minyak.

Beberapa penilaian dinilai sebelum dan setelah pijat bayi. Penilaiannya termasuk tonus vagal (indicator aktivitas syaraf parasimpatis), EKG, dan sampel saliva untuk menunjukkan kadar kortisol serta videotaped untuk merekam gerak tangan dan kaki, ekspresi wajah bayi dsb.
Jadi pijat dengan menggunakan minyak dapat mengurangi gesekan antara pemijat dengan bayi, dengan minyak proses pemijatan juga lebih smooth, ritmik, sehingga bayi juga merasa lebih nyaman, aman, dan menikmati banget deh.
Peningkatan tonus vagal karena pijat bayi ini membuat kadar enzim penyerapan gastrin dan insulin naik sehingga penyerapan terhadap sari makanan pun menjadi lebih baik

Banyak sekali penelitian yang dilakukan tentang manfaat pijat bayi ini, antara lain :
Rene Spitz, dokter anak dan psikiater dari Amerika, melaporkan, bayi yang banyak memperoleh senthan, khususnya dari ibu, akan jarang mengalami simpton hospitalimus (gangguan seperti di radang telinga tengah, campak, gangguan usus,dll)

Pengamat T.Field seperti dikutip dr. J. David Hull, ahli virologi molekuler dari Inggris, dalam makalah berjudul Touch Therapy : Science Confirms Instinct, menyebutkan terapi pijat 30 menit per hari bisa mengurangi depresi dan kecemasan. Tidurnyapun bertambah tenang.
Terapi pijat 15 menit selama enam minggu pada bayi 1-3 bulan juga akan meningkatkan kesiagaan (alertness) dan tangisnya berkurang. Ini akan diikuti peningkatan berat badan, perbaiki kondisi psikis, berkurangnya kadar hormon stress, dan bertambahnya kadar serotonin.

Sudahkah ayah bunda memijat bayi sendiri secara rutin menggunakan minyak ?
^___^

LOVING TOUCH BRINGS THE BEST IN BABIES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar