my daily life

my daily life
selaraskan karir dan keluarga

Rabu, 29 Februari 2012

MINYAK TELON? boleh ajaaa :)

Siapa bunda bunda yang tidak kenal dengan yang namanya minyak telon ? pasti semua pada kenal. Akhir akhir ini terdapat beberapa kasus yang terjadi akibat pemakaian minyak telon atau bahkan Larangan pemakaian minyak telon pada bayi atau anak... Kenapa? karena timbul gosong, iritasi pada kulit kemudian ada berita bahwa di dalam minyak telon terdapat kandungan berbahaya... dari pada simpang siur, yukk mengulas kembali apa itu minyak telon dan khasiatnya ^___^
Minyak telon (dari bahasa Jawa telu, tiga) adalah minyak yang sering dibalurkan pada tubuh bayi dengan campuran dari minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa dalam kadar yang berbeda-beda. Komposisi yang biasa dipakai adalah 3:3:4. Minyak kelapa berfungsi sebagai pelarut.

 Komposisi minyak telon :
1. Minyak Adas  
Minyak adas (oleum foeniculi, fennel oil) dibuat dari penyulingan buah adas. Adas mengandung minyak atsiri 1 – 6%, terdiri dari 50 – 60% anetol, lebih kurang 20% fenkon, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak.
Kandungan anetol yang menyebabkan adas memiliki aroma yang khas, sehingga para ibu sering menyebutnya ‘wangi bayi’.   
Adas bermanfaat untuk mengobati sakit perut (mulas), perut kembung (karminatif), rasa penuh di lambung, mual, muntah, dan diare. Selain itu manfaat adas lainnya adalah untuk pengobatan batuk berdahak, asma, nyeri haid dan melancarkan ASI.
2. Minyak Kayu putih
Minyak kayu putih (oleum cajeputi, cajuput oil) dibuat dari penyulingan daun atau ranting pohon kayu putih.
Kandungan minyak kayu putih adalah eukaliptol (1,8-cineol), α-terpineol dan ester asetatnya, α-pinen, dan limonen.
Minyak kayu putih bersifat antibakteri, antijamur, insektisida, analgesik ringan, ekspektoran, anti neuralgik, karminatif dan diaphoretik.
Khasiatnya  adalah untuk menghangatkan tubuh, melemaskan otot, mencegah dan mengobati perut kembung.   
3. Minyak Kelapa  
Minyak kelapa murni (virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku buah kelapa segar (Cocos nucifera Linn), diproses dengan pemanasan terkontrol atau tanpa pemanasan  dan tanpa penambahan bahan kimia.
Minyak kelapa murni mengandung air dan asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, dan berbau harum. Minyak kelapa murni mengandung asam laurat yang bersifat antibiotik, anti bakteri dan anti jamur.           
Minyak kelapa dalam minyak telon berfungsi sebagai pelarut minyak adas dan kayu putih, sehingga dihasilkan campuran yang lembut (minyak pembawa, carrier oil).

Khasiat Minyak Telon
Efek hangat yang diperoleh dari pemakaian minyak telon dapat membantu melegakan pernafasan jika hidung si kecil tersumbat. Rasa nyaman dari pernafasan yang lebih lega akhirnya membantu bayi tidur lebih nyenyak, sehingga mempercepat proses penyembuhan. Namun tentu saja keluhan batuk dan pilek, atau penyakit apa pun yang diderita si kecil tetap membutuhan penanganan medis.

1. Nah, kandungannya cukup berkhasiat kan? Lalu mengapa ada kasus kasus iritasi pada kulit sehingga pemakaian mesti dihentikan..?
Saya rasa hal tersebut disebabkan karena perbandingan dari minyak penyusun minyak telon yang kurang pas, misal minyak kayu putih berlebih, efek panas akan lebih besar sehingga untuk kulit2 bayi tertentu akan menimbulkan iritasi. Minyak kayu putih dalam dosis besar akan berefek pada membran mukosa. Jadi konsentrasi yang optimal perlu diperhatikan oleh para produsen :P. Dan tidak dipungkiri pula bahwa sekarang banyak sekali produk produk minyak telon yang dipalsukan.
Yang juga perlu digarisbawahi, kendati aman, minyak gosok khusus bayi sebaiknya digunakan secukupnya saja hanya pada saat dimana bayi membutuhkan kehangatan: sesudah mandi, saat cuaca dingin, atau ketika ia rewel akibat gangguan pilek. Selain itu, perhatikan pula kondisi kulit si kecil. Kalau setelah menggunakan minyak gosok khusus bayi kulitnya terlihat kemerahan atau beruntusan (bintil-bintil), sebaiknya segera hentikan pemakaiannya saat itu juga.
2. Perlukan bayi menggunakan minyak telon ?
Sebetulnya kulit bayi yang dijaga kelembaban dan kebersihannya tidak memerlukan zat zat kimia dari luar baik lotion, cream, oil, bedak dsb. Minyak telon termasuk dalam kategori fitofarmaka atau obat tradisional. Penggunaannya lebih ditujukan sebagai terapi tambahan terhadap terapi medis yang umumnya berupa obat-obatan. Itu artinya, penggunaan minyak telon pada prinsipnya bukan sesuatu yang wajib dan bukan pula sesuatu yang dilarang.
Mengenai lokasi pemakaian, usapkan minyak gosok khusus bayi ini secukupnya pada bagian dada, punggung, telapak kaki, dan sedikit pada bagian leher. Pertimbangannya, daerah-daerah tersebut relatif terbuka. Dengan demikian, begitu minyak gosok khusus bayi ini dioleskan, ada cukup banyak pembuluh darah halus di bawah permukaan kulit yang bakal mengalami pelebaran. Mekanismenya, pelebaran pembuluh-pembuluh darah halus inilah yang akan membuat peredaran darah dan transportasi oksigen jadi lebih lancar.

gambar bukan bermaksud IKLAN :D
 
 

1 komentar:

  1. minyak telon memang bagus buat bayi dan bisa menghangatkan tubuh bayi apalagi sehabis mandi. ponakan juga make tuh minyak telon ini http://goo.gl/hLZRZ7

    BalasHapus